oleh

Rapat Akhir Tahun BUMDes Kalinilam Menuai Sukses

Ketapang, Borneoindonesia.com –  Rapat Akhir Tahun ke-2 BUMDes Kalinikam Kec. Delta Pawan Kab. Ketapang, Minggu 04 April Tahun 2021 menuai sukses.

BUMDes Desa Kalinilam yang mulai bangkit dan berdiri pada tahun 2019 hingga sekarang, yang dikepalai seorang Direktur yaitu Sdr. Rahimi, S.H. dengan 3 jajaran direksi lainnya.

BUMDes Kalinilam, memang belum memiliki aset dan omset begitu besar, namun berbekal tekat dan kemauan yang kuat, dirasakan mereka mampu memberikan kontribusi besar nantinya kepada Desa dan Masyarakat.

BUMDes Kalinilam saat sekarang ini hanya memiliki satu unit usaha yaitu Simpan Pinjam/dana bergulir, dengan anggota aktif skitar 59 orang dan dengan tingkat pinjaman yang berpariasi.

BUMDes Kalinilam telah mengelola dana penyertaan modal dari desa skitar 204.000.000 lebih, yang di salurkan kepada masyarakat dengan kriteria dan persyaratan tertentu. Tentunya dana tersebut masih dirasa kurang, mengingat jumlah penduduk desa Kalinilam sekitar 14 ribu lebih jiwa.

Namun BUMDes tersebut optimis bisa membagi dan mengembangkan dana tersebut kepada masyarakat yang memenuhi persyaratan. Memang di rasa belum begitu besar Pendapatan asli Desa yang diberikan oleh BUMDes itu sendiri.

Pada tahun 2019-2020 Sisa Hasil Usaha yg diperoleh BUMDes sekitar 14.500.000, dan pada tahun 2020-2021 SHU BUMDes Kalinilam sekitar 20.108.000, dan semoga hasil ini dari tahun ketahun semakin jauh lebih meningkat.

Direktur BUMDes menyampaikan, Pada tahun 2020 telah mengajukan penambahan unit usaha baru dan akhirnya melalui kebijakan kepala desa dan ketua BPD, pengajuan tersebut direalisasikan, tentunya memalui serangkaian penela’ahan dan pengkajian yang mendalam.

Unit-unit usaha yg direalisasikan diantaranya 1. gas ElPiJi, 2. Internet, dan 3. Depot Air Galon Kemasan.

Ketua BPD Desa Kalinilam dalam sambutan dan arahannya mengatakan, 1. BUMDes Kalinilam harus mampu menopang perekonomian Desa dan masyarakat, 2. Dengan adanya Unit usaha lain dan pengelola ditiap-tiap unit, diharapkan mampu saling membantu dan menopang pengelolaan unit usaha yang ada, 3. BUMDes juga harus peka dan mampu melihat kemajuan Bumdes-bumdes yang ada disekitar maupun yang ada di luar, sehingga ada perbandingan atau tolak ukur untuk memajukan Bumdes itu sendiri.

Sedangkan Bapak Kepala Desa Kalinilam menambahkan disela sambutan serta arahan beliau pada malam itu, beliau mengatakan, 1. BUMDes akan selalu kita suport untuk kemajuannya, serta BUMDes harus jeli dalam melihat potensi dan kebutuhan masyarakat Desa terkait peluang usaha, 2. Saat ini Desa belum terlalu membebankan BUMDes dengan PAD atau bagi hasil keDesa, bahkan Desa memberikan keleluasaan dan tanggung jawab yang tinggi kepada jajaran Direksi BUMDes untuk di kembangkan semaksimal mungkin, 3. Kepala Desa menghimbau agar berlaku bijak dalam setiap usaha yang di jalankan, jangan sampai usaha-usaha yg sudah ada merasa tersaingi dengan keberadaan usaha BUMDes, saling bersinergi satu dengan yang lain.

BUMDes Kalinilam sangat optimis dengan adanya kawan-kawan yang ikut membantu jalannya BUMDes. Dirasakan dengan unit usaha baru tersebut memberikan angin segar pada perekonomian Desa.

BUMDes Kalinilam siap memberikan yg terbaik, mencurahkan semua daya dan upaya yang notabenenya untuk kemajuan, kesejahteraan masyarakat dan Desa, dalam bingkai Dari, Oleh, dan untuk kita semua.

(Hadi Mahendra / Kabiro Ketapang)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed