by

Di Tengah Pandemi Corona, Yon Armed 11 Kostrad Dukung Stok Darah PMI

Jakarta, Borneoindonesia.com – Sebagai upaya mendukung ketersediaan stok darah PMI Kota Magelang di tengah pandemi Covid-19, Yonarmed 11 Kostrad menggelar kegiatan donor darah yang diperuntukkan bagi sesama.

Hal tersebut disampaikan Danyon Armed 11 Kostrad, Letkol Arm Asep Ridwan, S.H., M.Han dalam keterangan tertulisnya di Malang, Jawa Timur, Selasa (7/4/2020).

Dikatakan Asep ridwan, kegiatan ini merupakan kepedulian Yonarmed 11 Kostrad Guntur Geni terhadap stok darah di Kota Magelang. Dikarenakan sedikitnya pendonor darah akibat dari penyebaran Covid 19, sehingga orang enggan keluar dari rumah.

“Di tengah meluasnya penyebaran virus Corona pada masa sekarang ini, dan himbauan social distancing dan physical distancing membuat para pendonor ada rasa kekuatiran untuk keluar rumah terlebih untuk melakukan donor darah, “ ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, kondisi seperti saat ini membuat ketersediaan darah di PMI maupun rumah sakit semakin terbatas, sedangkan banyak penderita penyakit lainnya yang juga membutuhkan tranfusi darah.

“Kami juga memikirkan para penderita penyakit lainnya yang membutuhkan tranfusi darah, kondisi saat ini tentunya sangat sulit bagi mereka, dan kami berupaya untuk dapat memberikan sedikit kontribusi melalui donor darah ini, “ imbuhnya.

Asep Ridwan menambahkan, mekanisme pendonoran darah diatur secara bergiliran dengan memperhatikan faktor keamanan personel yang mendonor maupun petugas donor.

“Kami laksanakan pemeriksaan yang cukup ketat diakibatkan penyebaran Covid-19, sehingga meminimalisir pendonor darah tetap dalam keadaan sehat setelah mendonorkan darahnya, begitu juga dengan petugas donornya, “ terangnya.

Danyonarmed 11 Kostrad, Letkol Arm Asep Ridwan, S.H., M.Han mengatakan, melalui kegiatan ini keluarga besar Yonarmed 11 Kostrad ingin membantu pemerintah dalam wujud mendonorkan darah untuk membantu sesama.

“Dan dengan kegiatan ini pula, harapan kami stok darah PMI tetap terpenuhi meski di tengah pandemi Covid-19,” pungkasnya. Penulis : (Cecep/Redaktur)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed