by

Peduli Home Industri, Babinsa Kelurahan Tanjung Tengah Komsos dengan Pembuat Gula Kelapa

Penajam, Borneoindonesia.com – Untuk mempererat tali silaturahmi dan kerja sama yang baik dalam rangka mendukung tugas pokok Babinsa, serta terwujudnya kemanunggalan TNI dengan rakyat, Babinsa Kelurahan Tanjung Tengah Koramil Penajam, secara rutin dan berkesinambungan bersilaturahmi dengan masyarakat di wilayah binaannya.

Dengan melihat potensi wilayah yang memiliki harapan untuk dapat mengembangkan dan meningkatkan produksi gula merah berbahan dasar dari nira pohon kelapa, Babinsa Kelurahan Tanjung Tengah Serda Heri selain ingin mengetahui proses pembuatan gula merah juga memberikan motivasi kepada para warga yang tergabung dalam Kelompok Kreatif Centra Gula Merah dan Gula Semut yang ada di wilayah Jl Bere-Bere RT. 08 Kelurahan Tanjung Tengah Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Selasa (23/03/2020).

Serda Heri saat berkunjung ke rumah Ibu Misti yang memproses pembuatan gula kelapa, ia menuturkan, “Melihat potensi Kelurahan Tanjung Tengah yang memiliki harapan untuk dapat mengembangkan usaha tersebut saya berupaya memberikan motivasi kepada para petani penderes nira yang mayoritas terdiri dari para pemuda agar lebih ditekuni kembali karena usaha tersebut kalau dibina secara terarah bisa menjadi lebih maju dengan pesat, “tuturnya.

Ibu Misti warga RT 08 yang sehari-harinya membuat gula merah, ia bekerja dengan tekun. Apalagi prospek gula merah di pasaran harganya stabil. Dengan menggunakan pemasakan tradisional ia mengolah air Nira menjadi gula merah,sedang sang suami Sukarlin bagian mencari kayu serta mengambil dan menderes air nira di kebun kelapa.

Sementara itu Nursalim selaku Sekertaris Kelompok Kreatif Centra Gula Merah dan Gula Semut yang di dampingi Jalil Sulle Ketua RT 08 menyampaikan,“Apa yang sudah dilakukan oleh Babinsa sampai dengan saat ini sudah menunjukkan bukti kemajuan dan peningkatan usaha pembuatan gula merah, dengan ketekunan dan keuletannya Babinsa selalu hadir ditengah para petani penderes nira setiap hari,”ujar Nursalim.

Penulis : (Robet T.Silun)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed