by

Penyaluran BLT-DD Desa Hanaut Di Nilai Terlambat

SAMPIT-Borneoindonesia.com– Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) serta dalam rangka menghadapi ancaman yang membahayakan Perekonomian Nasional dan Stabilitas Sistem Keuangan, Dana Desa dapat digunakan untuk kegiatan penanganan pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa.

Mengingat edaran Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) menyatakan Bantuan langsung Tunai (BLT) Dana Desa akan disalurkan kepada masyarakat sebelum 24 Mei mendatang, berarti diperkirakan sebelum perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Hal itu menjadi pertanyaan masyarakat kepada beberapa pemerintah Desa yang belum mencairkan BLT DD sampai sekarang.

MS (40), awalnya bingung dan mengeluhkan bahwa BLT Dana Desa tak kunjung tiba sedangkan beberapa Desa yang lain sudah menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT), kenapa kami belum menerima apakah aturannya yang berbeda “Katanya, kepada wartawan Borneoindonesia.com. Jum’at (22/05/2020).

Untuk memastikan informasi tersebut, Reporter Kalteng Warta Borneoindonesia.com bersama MS, untuk datang ke kantor Desa
Hanaut Kecamatan Pulau Hanaut, agar bisa dikonfirmasi secara Langsung berhubung dikantor belum ada yang datang kemudian
menemui Sekretaris Desa (SEKDES), ditempat tinggalnya.

“Kami mengikuti aturan juga. Sedangkan BPD mengadakan Musdessus pada tanggal 18-05-2020, jadi berkas kami sudah selesai tinggal pengesahan sampai ke Kabupaten. BLT Dana Desa akan dianggarkan Dana Desa (DD), tahap dua alasan kenapa BLT itu terlambat karena kami baru siap pendataannya kerena luas wilayah, untuk syarat BLT DD harus Musyawarah Desa Khusus (MUSDESUS), selanjutnya untuk ada lagi tambahan tiga bulan kami belum tau karena belum ada intruksi Peraturan Menteri Keuangan (PMK), ke Kabupaten,” Jelas Sekdes.

(Anekeria Safari/Reporter Kalteng)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed